7 Cara Mengatasi Pemanasan Global Paling Efektif dan Memberikan Bukti Nyata

7 Cara Mengatasi Pemanasan Global Paling Efektif dan Memberikan Bukti Nyata

investinlibya.org – Terjadinya pemanasan global karena disebabkan peningkatan suhu laut dan udara di permukaan bumi ini. Dampaknya dapat menyebabkan berbagai perubahan mulai cuaca ekstrem, perubahan kesehatan, kualitas pangan bahkan sampai dengan masalah yang lebih besar lagi. Lalu bagaimana cara mengatasi pemanasan global secara efektif?

7 Cara Mengatasi Pemanasan Global Paling Efektif dan Memberikan Bukti Nyata
7 Cara Mengatasi Pemanasan Global Paling Efektif dan Memberikan Bukti Nyata

Sebenarnya penyebab utama dari masalah ini yaitu karena aktivitas yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Menurut para ilmuwan menyampaikan bahwa kegiatan manusia merupakan kontribusi yang paling besar terhadap terjadinya masalah di atas. Karena menjadi penyebab utama bertambahnya gas rumah kaca di dalam jumlah yang tinggi sehingga memberikan dampak negatif bagi atmosfer. 

Cara Paling Efektif untuk Menanggulanginya  

Manusia merupakan penghuni bumi, sehingga sangat penting untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beragam cara untuk mengatasinya dan bisa Anda lakukan mulai dari langkah-langkah kecil dalam setiap harinya. Menerapkan berbagai cara tersebut menjadi tanggung jawab sepenuhnya bagi umat amanusia. 

Dengan begitu, maka dapat memberikan peluang terbaik bagi generasi selanjutnya untuk bisa menikmati kenyamanan dan keindahan alam di bumi ini. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda terapkan!

  • Mengurangi penggunaan kendaraan

Pembatasan penggunaan kendaraan milik pribadi mampu membantu mengatasi masalah di atas secara signifikan. Anda bisa mengurangi penggunaan kendaraan tersebut dengan bersepeda atau berjalan kaki. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan transportasi umum atau menggunakan kendaraan secara bersama-sama. 

  • Reduce, Reuse and Recycle

Reduce, Reuse, Recycle merupakan cara paling sederhana karena melakukan pengurangan emisi gas buang pada kendaraan bermotor. Reduce merupakan aktivitas pembatasan menggunakan produk kemasan dengan seminimal mungkin. 

Reuse merupakan pemanfaatan kembali barang-barang yang berbahan dari plastik. Sedangkan recycle merupakan aktivitas mendaur ulang benda-benda yang sudah tidak digunakan menjadi barang yang bisa digunakan lagi. Misalnya mendaur ulang koran, plastik, kertas limbah dan juga kaleng kaca menjadi benda yang bermanfaat.

  • Mematikan elektronik ketika tidak digunakan

Agar dapat menghemat energi listrik, maka sebaiknya matikan elektronik pada saat tidak digunakan. Tujuannya untuk menghemat listrik dan juga pemanfaatan bahan bakar fosil. Alangkah baiknya, jika Anda menyalakan lampu atau menggunakan elektronik lainnya ketika benar-benar dibutuhkan. 

  • Mengganti bohlam lampu

Penggunaan bola lampu LED jauh lebih baik dibandingkan dengan CFL. Selain mampu menghemat energy listrik, ternyata lampu LED jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan lampu pijar.

  • Membeli barang secara bijak

Sebagai pembeli maka Anda harus bijak dalam memilih barang-barang yang akan dibeli. Pilihlah jenis barang yang ramah lingkungan dan barang tersebut sengaja dibuat oleh produsen untuk pelestarian lingkungan secara berkelanjutan. Sebaiknya, hindari penggunaan bahan plastik yang terlalu sering. 

  • Mengajak orang sekitar untuk melestarikan lingkungan

Jika Anda sudah merasa terpanggil untuk mulai melestarikan lingkungan, maka Anda bisa mengajak orang-orang disekitar untuk melakukan kegiatan yang sama. Langkah ini bisa diterapkan dengan mendaur ulang benda-benda yang dapat dilakukan daur ulang. 

  • Menanam pohon

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menanam pohon sebanyak mungkin. Baik di teras rumah menggunakan pot maupun di kebun. Sebab, terjadinya fotosintesis tanaman tersebut bisa menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen dengan lebih maksimal.

Baca Juga : Seperti Ini Cara Keluar Dari Google Classroom

Dengan mengetahui 7 cara mengatasi pemanasan global diatas, maka Anda bisa memulai untuk menerapkan pada diri Anda sendiri dan berbagi informasi kepada warga yang ada dilingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *