Daftar Kartu Prakerja dan Bingung Cara Verifikasi Email?

Daftar Kartu Prakerja dan Bingung Cara Verifikasi Email?

investinlibya – Sejauh ini, gelombang Kartu Prakerja sudah sampai pada gelombang 11. Namun, animo masyarakat untuk mengikutinya masih tergolong tinggi. Walaupun Anda tahu, selama ini pula, salah satu kendala ketika mendaftar Prakerja adalah tidak munculnya verifikasi surel. Lalu, bagaimana cara verifikasi email pendaftaran Prakerja?

Cara Memverifikasi Email Kartu Prakerja

Sebelumnya, Anda pasti membuka laman www.prakerja.go.id untuk bisa masuk dan melakukan pendaftaran, kan? Yaitu masuk menggunakan electronic mail pribadi. 

Masalahnya adalah saat pendaftar baru masuk dan membuat akun Prakerja, sering tidak muncul notifikasi untuk memverifikasi surel yang bersangkutan. Sehingga belum dapat dipastikan bahwa pendaftarannya berhasil. 

Dikutip dari halaman FAQ (Frequently Asked Questions) laman prakerja.go.id, bahwa kode tersebut atau OTP (One Time Password) adalah password dinamis di mana terdiri dari 4 ataupun 6 digit angka rahasia dan unik. Untuk mendapatkan kode tersebut akan dikirim ke alamat surel. Lalu, bagaimana jika tidak muncul notifikasi pengiriman kode OTP? Nah, berikut cara mengatasinya. 

  1. Masuklah di akun electronic mail , kemudian periksalah setiap menunya terlebih dahulu. Misalnya kotak masuk, spam, atau lainnya. Apakah ada notifikasi verifikasinya atau tidak. Karena bisa saja justru dalam memasukkan email, salah ketik. 
  2. Atau tidak masuk Gmail karena surel tersebut dianggap spam oleh Gmail. Makanya Anda harus mengeceknya dengan cara melihat menu di bagian kiri Gmail, kemudian klik selengkapnya dan masuk ke menu spam.
  3. Buka spam, kemudian klik verifikasi, “Verifikasi Email Sekarang”. Jangan ditunda-tunda ya, karena umumnya batas waktu dibolehkannya memverifikasi adalah selama 1 hari atau 24 jam saja. Jika melewati batas waktu 24 jam, maka Anda diharuskan melakukan pendaftaran ulang. 
  4. Setelah itu, Anda akan mendapat notifikasi bahwa porses verifikasi telah selesai. 
  5. Klik dashboard, masukkan kembali alamat surel sekaligus kata sandi untuk melanjutkan pendaftarannya.

Jangan lupa selalu cek alamat electronic mail ya! Serta selalu cek pengumuman lolos tidaknya di Prakerja ini. karena rumor-rumornya masih banyak masyarakat yang menanyakan kapan dibuka lagi untuk gelombang 12. Jadi, informasi ini bisa sekaligus guna persiapan gelombang 12 nanti jika memang dibuka kembali. 

Sebenarnya, Apa Fungsi Kode OTP?

Setelah mengetahui cara memverifikasi akun, alangkah lebih baiknya tahu esensi kenapa kode verifikasi dianggap rahasia dan unik. Begini, kode ini berfungsi sebagai proses validasi. Nantinya, bisa digunakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tindakan penyalahgunaan akun. 

Tahu sendiri, sekarang cyber crime merajalela. Sebagai antisipasinya dibuatlah unik dan rahasia, layaknya Anda membuat kata sandi surel pribadi. 

Kode OTP bisa dikirim melalui surel ataupun SMS. Dan pendaftar tidak akan mendapatkan kodenya mana kala alamat surel dan nomor yang diisi pada kolom pengisian salah. Sementara, jika masih aktif, bisa menghubungi kepada [email protected] secara lebih jelasnya. 

Berilmu dulu sebelum praktek. Maksudnya adalah tahu kemungkinan terburuk bahwa proses validasi tidak selamanya mulus. Jadi Anda sudah ada gambaran bahagaimana jika kedepannya terjadi hal seperti ini. Bisa juga praktek sekaligus berilmu. Maksudnya adalah baru bisa mencari informasi mana kala terjadi hal seperti ini kedepannya. 

Baca Juga : Sir Alex Ferguson membuat panggilan telepon yang membuat Manchester United mendapatkan dua derajat

Itulah pembahasan yang bisa kami berikan mengenai cara verifikasi email saat melakukan pendaftaran Kartu Prakerja. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *