Materi Biologi Cara Kerja Enzim

Materi Biologi Cara Kerja Enzim

investinlibya – Tentunya Anda pernah makan nasi dan mengunyahnya cukup lama. Tentu apabila semakin lama nasi tersebut Anda kunyah maka akan terasa manis, sebab nasi adalah sebuah karbohidrat kompleks atau amilum yang mana suatu produk fotosintesis untuk menyimpan glukosa yang berlebih. Dalam tubuh terdapat cara kerja dari enzim maltosa yang akan menyebabkan rasa manis ketika mengunyah nasi.

Rasa manis yang didapat dari gula prosesnya tentu berbeda dengan yang di dapat dari nasi. Rasa manis gula langsung Anda dapatkan sebab gula ini merupakan senyawa karbohidrat yang sederhana. Sedangkan nasi bagian dari karbohidrat kompleks yang membutuhkan bantuan sebuah enzim untuk dapat menimbulkan rasa manis. Enzim tersebut adalah enzim amilase.

Mengenal Faktor yang Berpengaruh pada  Cara Kerja Enzim

  1. Hubungan antara Enzim, Substrat, serta Produk

Enzim merupakan suatu senyawa protein yang dihasilkan dari sel-sel suatu makhluk hidup. Untuk itu di tubuh manusia, hewan, bahkan tumbuhan mempunyai protein yang dikenal dengan enzim. Umumnya enzim memiliki fungsi untuk mempercepat dan membantu proses terjadinya metabolisme yang berlangsung di dalam tubuh. Yang mana dalam biologi dikenal dengan istilah biokatalisator.

Di tubuh, proses terjadinya metabolisme terdapat dua macam yaitu anabolisme dan katabolisme. Anabolisme merupakan suatu proses metabolisme yang mana membentuk senyawa kompleks dari senyawa yang lebih sederhana.

Sedangkan katabolisme merupakan suatu proses terjadinya metabolisme yang mana merombak senyawa yang kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Enzim yang ada di tubuh mempunyai fungsi untuk mendukung proses anabolisme dan katabolisme.

Saat enzim akan menyelesaikan tugasnya, zat awal yang berperan sebelum reaksi terjadi disebut dengan substrat, sedangkan untuk zat yang dihasilkan dalam metabolisme disebut dengan produk. Contohnya ketika Anda memakan nasi, yang disebut dengan substrat adalah amilum yang terkandung pada nasi. Sedangkan maltosa merupakan produk.

Bagaimana Kerja Enzim?

Ketika terdapat substrat yang akan dirombak menjadi amilum sehingga terjadi sebuah reaksi. Maka substrat dan juga enzim harus bisa saling melengkapi, istilahnya seperti kunci dengan gembok. Bentuk dari substrat harus sesuai dan pas dengan bagian yang ada pada sisi aktif suatu enzim. Karena apabila enzim tidak sesuai dengan substrat, maka keduanya tidak dapat saling melengkapi.

Sebab pada keduanya tidak akan terjadi suatu reaksi. Misalnya substratnya protein bertemu enzim amilase maka pada keduanya tidak akan terjadi reaksi karena tidak pas. Berbeda apabila substratnya amilum bertemu dengan amilase maka pada keduanya akan terjadi reaksi karena antara substrat dengan enzim pas dan enzim dapat bekerja.

Supaya enzim ini bisa memecah amilum menjadi sebuah maltosa, tentu enzim juga membutuhkan kofaktor berupa ion klorida. Ion ini memiliki fungsi seperti tombol power di dalam enzim. Apabila ion telah menempel maka enzim amilase ini dapat segera bekerja atau sudah teraktivasi. 

Baca Juga : Daftar Kartu Prakerja dan Bingung Cara Verifikasi Email?

Apabila demikian maka enzim amilase ini sudah bisa membantu dalam pemecahan amilum menjadi maltosa. Dengan mengetahui bagaimana cara kerja enzim  maka Anda akan lebih mudah memahami proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *